Konsep Pertanian Terpadu Sebagai Peluang Usaha Peternakan

Peluang Usaha PeternakanPeternakan menjadi bagian dari ilmu pertanian secara luas. Meskipun tidak terlihat sebesar usaha-usaha di bidang perkebunan, usaha peternakan ternyata merupakan peluang usaha yang cukup menguntungkan. Terlebih lagi di Indonesia yang setiap tahunnya dirayakan hari raya kurban. Hal tersebut tentunya membutuhkan ternak dalam jumlah yang besar. Peluang usaha peternakan yang cukup besar membuat sebagian orang beralih usaha ke usaha peternakan.

Peluang usaha peternakan hewan kurban

Hewan yang biasanya dikurbankan saat hari raya Idul Adha adalah sapi, kambing dan domba. Pasokan hewan-hewan tersebut sebenarnya belum terlalu mencukupi. Hal ini terbukti dari adanya impor daging sapi yang masih dilakukan pemerintah Indonesia. Maka dari itu, peluang usaha peternakan ini benar-benar sangat menjanjikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah menyiapkan tempat dan mengetahui cara-cara beternak yang baik. Dengan begitu, bisa dippastikan usaha peternakan anda akan berjalan baik.

Peluang usaha peternakan dalam pertanian terpadu

Pertanian terpadu adalah sebuah sistem dalam pertanian dimana semuanya saling memanfaatkan dan tidak ada yang terbuang. Dalam melakukan usaha peternakan yang terpadu, anda bisa memadukannya dengan tanaman lain seperti jagung.

Dalam hal ini, tidak akan sesuatu yang terbung sekalipun itu kotoran sai maupun sisa tanaman jagung. Rumput-rumput di sekitar tanaman jagung bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Kemudian pakan ternak bis dijadikan pupuk kandang untuk tanaman jagung. Hal ini membuat semuanya menjadi berkesinambungn dan saling memanfaatkan.

Usaha peternakan memang belum terlalu banyak dijalani karena sebagian orang masih beranggapan bahwa usaha ini tidak terlalu menjanjikan. Padahal peluang usaha peternakan ini sangat besar apalagi ketika orang tersebut memahami konsep pertanian terpadu dalam menjalankan usahanya.

BagikanShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+2Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Email this to someone